Karambol adalah permainan meja yang dapat dianggap sebagai modifikasi dari keluarga permainan biliar. Di dunia, permainan ini dikenal dengan banyak nama, seperti carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiards (“biliar jari”). Permainan ini berasal dari India dan menyebar luas ke berbagai negara lainnya pada tahun 1970-an.
Berbeda dari permainan meja lainnya, karambol tidak memakai stik untuk menggerakkan bola. Permainan ini menggunakan cakram kecil alih-alih bola. Penggeraknya adalah jari tangan yang dijentikkan pada cakram sehingga mengenai cakram sasaran.

Karambol adalah permainan rakyat, baik di India maupun berbagai negara tetangganya (termasuk Indonesia) yang dapat dijumpai dimainkan orang di tepi jalan atau di tempat-tempat orang berkumpul. Kompetisi karambol biasa diadakan pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Inti permainan Karambol adalah memasukkan cakram yang sesuai dengan warna yang kita pilih. Pemilihan warna terjadi saat pemain berhasil memasukk an salah satu cakram yang memiliki warna dan angka di atasnya. Pada awal permainan pemain tidak bisa melakukan tembakan langsung ke arah cakram Karambol yang disusun di tengah. Para pemain harus memantulkan cakram karambol untuk mengenai cakram yang tersusun di tengah. Cakram raja dan ratu yang memiliki warna berbeda dibandingkan cakram lainnya, hanya bisa dimasukan dengan cara memantulkan tembakan. Raja dan ratu hanya bisa dimasukan setelah cakram yang kamu pilih warnanya sudah tidak bersisa diatas meja.

sumber : http://kotakgame.com/feature/detail.php?page2=9&id=75&page=1&c=1