Kelereng atau Gundu atau Ekar itu sama saja, semuanya itu adalah sebuah permaian bola kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca. kelereng itu bahasa indonesianya, gundu itu bahasa jawanya dan ekar bahasa palembangnya. mungkin didaerah padang, medan dan lain2 juga berbeda namanya. tapi walaupun berbeda namanya, orang semuanya pasti tau dan mengenal apa itu kelereng.

Permainan ini sudah lama ada di indonesia dan sampe sekarangpun masih banyak orang memainkannya. permainan ini biasanya dimainkan dengan cara melontarkan (bahasa palembangnya dipeci) kelereng dengan cara khusus agar kelereng tersebut mengenai kelereng lain yang menjadi target. namun pemainan kelereng ini tidak hanya untuk dilontarkan saja tapi sekarang ini sudah banyak sekali inovasinya, contohnya saja permainan lomba kelereng sewaktu 17 agustusan.

Cara bermain lomba kelereng yaitu membawa kelereng dengan sendok dimulut dipasang terbalik, gagangnya yang digigit sementara ujung sendok sebagai tempat untuk menyimpan kelereng. Biasanya ada jarak tertentu agar peserta jalan dan melewatinya. Para peserta harus berjalan dengan hati-hati dan kelereng tetap di dalam sendoknya.

Agar kelereng tidak keluar, maka seluruh tubuh kita harus kompak, bekerja bersamaan, jagalah kesadaran agar kelereng tidak jatuh, tubuh harus mengikuti gerak dan kesadaran, biasanya pada tahap ini kita fokus pada satu hal saja dan mengabaikan yang lainnya. Apabila kita lengah melepas kesadaran yang kompak secara keseluruhan maka biasanya kelereng akan jatuh, dan tentunya kita akan kalah.

sumber : http://trendy.rasyid.net/2009/02/20/kelerenggunduekar/
             http://ferrydjajaprana.multiply.com/journal/item/204